Galeri

Cerita Dalam Goa Simbar Kebumen

Bagian barat daya Kabupaten Kebumen cukup dikenal dengan alam perbukitan yang indah. Wisata alam seperti wisata pantai atau geowisata goa-nya juga cukup terkenal. Di perut pegunungan itu yang terkenal dengan kawasan Karst Gombong itu juga terkandung potensi tambang batuan alam seperti marmer, fosfat, batu gamping dan andesit yang bernilai tinggi. Pesona yang masih bersembunyi di balik sunyinya perbukitan di Desa Rogodadi Kecamatan Buayan itu bernama Goa Simbar. Seperti goa yang lain, Goa Simbar, terletak di balik lipatan kawasan pegunungan yang menarik dikunjungi yang gemar tantangan alam. Berkegiatan dan mencari ilmu yang positif di Unit pandu Lingkungan Mahasiswa pencinta Alam Universitas Jenderal soedirman (UPL MPA Unsoed) tiada akan hentinya, setiap minggunya kegiatan pencinta alam akan terus ada untuk terus mengasah skill, dan kerja tim yang padu Bagi para anggota.

Kegiatan Penelusuran dan pengamatn biota Goa simbar  dilaksanakan tanggal 2-4 November 2012 di desa Rogodadi kecamatan Buayan kabupaten kebumen.

Malam  yang berkabut di hari jumat 2 November 2012, Di sekretariat, 12 Anggota UPL MPA Unsoed bersiap-siap melakukan penelusuran dan pengamatn Biota Goa simbar 12 Anggota yang terdiri dari M.Ainur Rochim (O’im) (pertanian) selaku coordinator tim caving simbar, Suncoro Yugo (Hukum), Fredy (Hukum), Anas (Hukum), Ridho (Ekonomi), alfian (Manajemen), Dimas (Ekonomi), Maman (Pertanian), zubir (Pertanian), Fajar (FKIK), Sigit (Goelogi), Abdul kholik (Fisip).Jam tangan yang dikenakan Rohim menunjukkan pukul 21.00 WIB ketika kami bersiap melakukan pelepasan. Bersama Ketua Umum, serta teman – teman anggota yang lain.

Perjalanan dimulai, menggunakan mobil Land Rover serta 3 sepeda motor milik alfian, Rohim dan sigit.Pukul 01.00 WIB Dini hari, kami tiba di base camp Gua Simbar di kediaman pak Hadi. Kami beramah – tamah sembari Ishoma dan cek akhir persiapan di tempat pak Hadi. Sekitar 45 menit waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gua Simbar dari kediaman pak Hadi.Sesampainya didepan mulut gua, Tim pun tak lupa untuk saling mengingatkan tentang Kode Etik Penelusuran Goa.

Kode Etik Ini Wajib menjadi pegangan dalam setiap kegiatan penelusuran goa memngingat betapa bahaya – bahaya yang mungkin saja terjadi dalam kegiatan penelusuran gua baik dari penelusur gua  maupun kepada goa yang menjadi objek kegiatan penelusuran goa itu sendiri.

Kode Etik Penelusuraman Goa Penulusur Goa dilarang:

  1. Mengambil sesuatu kecuali mengambil Foto/Gambar
  2. Meninggalkan sesuatu kecuali meninggalkan jejak
  3. Membunuh sesuatu kecuali membunuh waktu

kamipun menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penelusuran gua tersebut. tanah berlumpur dan genangan air, menyulitkan langkah kaki untuk beranjak. Perlu diwaspadai binatang liar dalam air dan banyaknya runtuhan stalagtit dan stalagmit yang runcing ujungnya. Sejumlah peringatan ditulis agar pengujung tidak membawa pulang batu-batu di dalam goa. Deskripsi pertama yang kami lihat yaitu dimulai dari mulut gua yang berdiameter sekitar 4,6 meter. Penelusuran dimulai dengan melewati lorong horizontal sempit yang hanya cukup dilewati oleh 1 orang saja degan tanah lumpur yang becek. Setelah melewati lorong tersebut  kondisi gua semakin melebar, disini kami leluasa untuk melakukan pemetaan dan pengamatan biota di lorong atas Gua Simbar. Operasional hari pertama berakhir setelah kami berhasil memetakan lereng gua yang terjal. Kemudian kami menyusuri aliran air dan menemukan air terjun yang indah. Terdapat ornamen – ornamen unik yang menghiasi setiap titik lorong yang kami telusuri. Langkah kami terhenti sesampainya di reruntuhan atap gua, disini kami memutuskan untuk menghentikan pemetaan dan mengakhiri operaional  tepat  4 November 2012 pukul 07.00 Pagi Kami keluar dari mulut Goa Simbar. Hari kedua kami memakai teknik SRT untuk menelusuri lorong vertikal dan memetakan lorong bawah dari Gua Simbar.Operaional terakhir kami beristirahat sejenak di pantai suwuk, untuk melihat pemandangan pantai dipesisir selatan jawa, dan selanjutnya kembali menuju secretariat UPL MPA Unsoed tercinta .

Hello genk (alfian/366)

Tinggalkan komentar